Kelas Karyawan D3 Rekam Medis

Kelas Karyawan D3 Rekam Medis

D3 Rekam Medik & Informasi Kesehatan – Terakreditasi A Nasional (BAN-PT)

Sistem Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, dan Lembaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terintegrasi dan akurat merupakan proses aktivitas penting melalui sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun, gawat darurat. Data rekam medis dan informasi kesehatan sangat penting karena sebagai dasar pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, untuk kepentingan penelitian, dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan dan, bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Profil Lulusan

  1. Penjamin Kualitas Data RKE – Pelaksana yang dapat menjamin mutu / kualitas data RKE sesuai dengan kebijakan yang berlaku
  2. Pengode Klinis / Clinical Coder – Pengubah informasi dari rekam medis pasien menjadi kode alpha numeric sesuai dengan sistem klasifikasi klinis
  3. Koordinator Pelayanan Rekam Medis – Personal yang mengkoordinir pelayanan di Unit Kerja Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  4. Pengolah Data Kesehatan – Pelaksana pengumpulan sampai dengan penyajian data
  5. Peneliti Bidang Informasi Kesehatan – Personal yang ikut berkontribusi sebagai peneliti pada bidang informasi Kesehatan

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen dan aplikasinya dalam organisasi; kemampuan untuk merencanakan, mengumpulkan, mengolah, mengelola, mengevaluasi, menilai mutu rekam medik dan informasi kesehatan, dan menyajikannya untuk berbagai kebutuhan pemangku kepentingan; kemampuan menelusuri informasi penunjang diagnosis dan menentukan kode penyakit, permasalahan kesehatan serta kode tindakan yang akurat, kemampuan untuk mengelola indeks penyakit, tindakan, kematian dan dokter, guna kepentingan laporan medis dan statistik serta permintaan informasi pasien secara cepat dan terperinci, kemampuan untuk mengkomunikasikan analisis hasil telaah dokumentasi rekam medik dan informasi kesehatan dengan dokter dalam mengkonfirmasi diagnosis dan tindakan

Keunggulan

Program D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul adalah sebagai pelopor pendirian dan merupakan program studi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan yang pertama di Indonesia (sejak 1989); memiliki ijin penyelenggaraan dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Pembinaan dari Kementrian Kesehatan; Status Terakreditas (A), baik dari Kementrian Pendidikan Nasional ataupun dari Kementrian Kesehatan.

Sertifikat Akreditasi

VISI, MISI DAN TUJUAN

Visi

Menjadi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang menghasilkan lulusan yang profesional di bidang pengolahan data kesehatan dengan memanfaatkan pengodean klinis berbasis Rekam Kesehatan Elektronik memiliki nilai intelektual, etis, inovasi dan unggul, berjiwa kewirausahaan serta memiliki daya saing global pada tahun 2033.

Misi

Misi pada Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di bentuk dan dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategis. Misi yang tercantum dalam rencana strategis program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang unggul di bidang Rekam Kesehatan Elektronik berbasis intelektual, etis dan inovasi serta mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui Praktikum dan Praktik Kerja Lapangan;
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang RMIK dengan melibatkan mahasiswa dan meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui penggunaan TIK terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional;
  3. Menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di bidang RMIK secara inovatif, mandiri dan wirausaha melalui kerjasama dengan institusi pelayanan kesehatan berdasarkan hasil pendidikan, pelatihan, dan penelitian;
  4. Meningkatkan daya saing global dan jaringan kerjasama dengan masyarakat pengguna, instansi pelayanan kesehatan, dan lembaga atau instansi terkait pada skala nasional dan internasional.
Tujuan Program Studi RMIK

Untuk mencapai visi dan misi di atas, Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan ahli madya yang di awal karirnya dapat enjadi seorang perekam medis dan informasi kesehatan (PMIK) dengan atribut sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya program pendidikan RMIK di bidang RKE berbasis intelektual, etis dan inovasi serta mengikuti perkembangan IPTEK;
  2. Memiliki kemampuan kewirausahaan melalui penggunaan TIK terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional;
  3. Memiliki kemampuan bagi masyarakat di bidang RMIK secara inovatif, mandiri dan wirausaha;
  4. Memiliki daya saing global dan jaringan kerjasama skala nasional dan internasional.

KURIKULUM

KARIR

Profesi dan Karier Lulusan

Ahli Madya Rekam Medik dan Informasi Kesehatan dapat bekerja dan berkarir di instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun lembaga pendidikan sebagai pengkode diagnosis dan tindakan (clinical coder), manajer unit kerja rekam medik dan informasi kesehatan, pengelola sistem informasi kesehatan; mitra pengembang aplikasi sistem informasi kesehatan dan mitra peneliti.

Karier Lainnya :

  • Manajer Unit Rekam Medis
  • Analisis Sistem Informasi Kesehatan
  • Spesialis Data Klinik
  • Koordinasi Informasi Pasien
  • Pengelola Pusat Data / Informasi Kesehatan
  • Coder diagnoses di pelayanan kesehatan
  • Analis Data untuk kepentingan Asuransi Kesehatan
  • Konsultan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  • Konsultan IT bidang Kesehatan
  • Pengelola Sistem Informasi Kesehatan
  • Peneliti
  • Laboran
  • Verifikator asuransi
  • Tenaga surveilans

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

KERJASAMA

Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain: Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BUMN, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit (pada saat ini telah terjalin kerja sama dengan lebih dari 40 Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swasta), organisasi profesi, sosial, kesehatan, dan perusahaan; berbagai perusahaan asuransi.

Mitra Kerjasama dalam Praktek Mahasiswa, Pendidikan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Departemen Pemerintah dan BUMN.

Depkes RI – Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Nasional, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia, Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Prov DKI Jakarta Badan Kesatuan Bangsa, Pemerintah Kabupaten Cianjur Badan Kesatuan Bangsa, Politeknik Kesehatan Jakarta II Jurusan Gizi, Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Cianjur, Purwakarta, Tangerang, Bekasi, dan Poltekes Depkes.

Lembaga Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swast

Hyperkes, RSU Cipto Mangunkusumo, RS FK UKI, Siloam Hosiptal Karawaci, Siloam Hospital Kebon Jeruk, RS Fatmawati, RS Tarakan, RS Islam Cempaka Putih, RS Islam Pondok Kopi, RSU Tangerang, RSU Cibinong, RSUD Tarakan, RSUD Tangerang, RSUD Budhi Asih, RSUD Sumber Waras, RSUD Koja, RSP Pertamina, RS Patria IKKT, RSAB Harapan Kita, RS Harapan Bunda, RS PIK, RS PELNI, RS Siloam, RS Persahabatan, RS Pasar Rebo, RS Atmajaya, RS Medistra, RS Puri Indah, RS Puri Kedoya Mandiri, RS Medika Permata Hijau, RS Juwita Bekasi, RS Paramita Tangerang, RS Global Medika Tangerang, RS Bersalin Avisena, RS Mitra Asih, RS Pantai Indah Kapuk, RS Islam Pondok Kopi, RSPAD, RS Angkatan Laut, RSJ Soeharto Herjan, RS Hasan Sadikin Bandung, Yayasan Jantung Harapan Kita, RSIA Keluarga Kita Tangerang, dan Puskesmas (Jaktim, Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan Jakut).

Organisasi Profesi, Sosial, Kesehatan, dan Perusahaan

Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, Asosiasi Ilmu Pendidikan Gizi Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia, PT. Enzym, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Krakatau Medika, PT.Yakult Indonesia, PT. Aero Catering, Puspa Catering, LP Cipinang, Badan Narkotika Nasional, Palang Merah Indonesia, Sampoerna Foundation, Tbk, John Bloomberg Hopkins Institute, Positive Deviance Resources Centre, Danone Nutrition Institute, Badan POM RI, dan World Health Organization.

DOSEN PENGAJAR

  1. Bangga Agung Satrya, S.K.M., M.K.M.
  2. Daniel Happy Putra, S.KM, M.K.M
  3. Deasy Rosmala Dewi, SKM, M.KES
  4. Dina Sonia, S.ST., MM
  5. Laela Indawati, SSt, M.K.M
  6. Lily Widjaja, SKM, MM
  7. Muhammad Fuad Iqbal, S.K.M, M.K.M
  8. Dr. dr. Muhammad Rezal, M.T.
  9. Nanda Aula Rumana, SKM, MKM
  10. dr. Noor Yulia, MM
  11. Puteri Fannya, S.KM, M.Kes
  12. Siswati, SKM, MKM
  13. Wiwik Viatiningsih, SKM, MARS
  14. Yati Maryati, SKM, M.K.M.

FASILITAS

  1. Laboratorium Anatomi Fisiologi
  2. Laboratorium Komputer
  3. Laboratorium Rekam Medis Manual (Paper Based)
  4. Laboratorium Statistik dan Pelaporan
  5. Laboratorium Coding dan Reimbursement
  6. Laboratorium Rekam Medis Elektronik
  7. Laboratorium Audit Dokumentasi Klinis
  8. Laboratorium DHIS2 (District Health Information Software)
  9. Laboratorium OSCE (Objective Structured Clinical Examination)
  10. Perpustakaan
  11. Masjid
  12. Lapangan
  13. Danau
  14. Kantin
  15. C’BEZT Fried Chicken
  16. Klinik Esa Medhika
  17. Klinik Fisioterapi
  18. Area Wall Climbing

SILAHKAN BERTANYA

INFORMASI TERBARU

Selamat Datang

Selamat Datang

Program Kelas Paralel atau Kelas Karyawan S1 S2 Universitas Esa Unggul bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mempunyai waktu luang mengikuti pendidikan di hari kerja. Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul menyelenggarakan pendidikan untuk Jenjang Pendidikan Sarjana (S1)  dan Pascasarjana (S2 & S3) Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul Kelebihan memiliki beberapa kelebihan, yaitu: -    Waktu kuliah: Senin - Jumat sore atau Sabtu dan E-Learning. -    Biaya studi sangat terjangkau dan dapat diangsur sesuai kemampuan mahasiswa. -    Kampus dapat dipilih yaitu Kampus Jakarta, Kampus Tangerang atau Kampus Bekasi.[nextload] Kualitas dan proses pendidikan pada Program Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul sama dirancang sama dengan Kualitas dan proses pendidikan pada hari biasa. Setiap perkuliahaan diatur secara terstruktur dan terjadwal dengan pemilihan tenaga pengajar terbaik dan berpengalaman di bidangnya. Proses belajar didukung oleh fasilitas terbaik seperti Ruang Kuliah ber-AC, Laboratorium, Studio, Perpustakaan, Sarana Olahraga dan lain-lain. Program Sarjana (S1) dan Program Pascasarjana (S2) yang diselenggarakan adalah: - Program Sarjana (S1):  Manajemen, Akuntansi, Psikologi, Hukum, Farmasi, Jurnalistik, Public Relation, Marketing Communications, Visual Communication, Broadcasting, Design Graphis, Arsitektur, Design Interior, Teknik Industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Desain Komunikasi Visual (DKV), Desain Produk, Desain Interior, Gizi, Rekam Medis, Keperawatan, Manajemen Informasi Kesehatan, Bioteknologi, Fisioterapi, PGSD, Pendidikan Bahasa Inggris Syarat Mahasiswa: Untuk Program Sarjana (S1) bisa untuk Lulusan SLTA dan Lanjutan D3 Ke S1  - Program Pascasarjana (S2): Magister Manajemen Keuangan, Magister Manajemen SDM, Magister Manajemen Pemasaran, Magister Ilmu Komunikasi, Magister Akuntansi, Magister Hukum, Magister Ilmu Komputer, Magister Administrasi Publik, Magister Administrasi Rumah Sakit Syarat Mahasiswa: Untuk Program Magister (S2) ini bisa untuk semua Lulusan D4/S1 dari semua jurusan TAG: kelas karyawan, kuliah karyawan, kuliah ekstensi, kuliah ektensi, kuliah extension, kuliah malam, kuliah sore, kuliah ektensi, kuliah ekstensi, kuliah eksekutif, kelas eksekutif, kuliah executive, kuliah extension, kuliah eksekutif, kuliah exekutif, alih kredit, transfer kredit, transfer d3 ke s1, kelas paralel, kelas karyawan terbaik, kuliah karyawan jakarta, biaya kuliah karyawan

Lihat selengkapnya

PERMINTAAN BROSUR CETAK

PENDAFTARAN ONLINE

HUBUNGI KAMI

FOLLOW INSTAGRAM

DOWLOAD BROSUR

KAMPUS JAKARTA 
Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta 11510
INFO 24 JAM: 082311269864 (Call/SMS/WA)

KAMPUS TANGERANG 
Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
INFO 24 JAM: 082311269865 (Call/SMS/WA)

KAMPUS BEKASI
Jalan Harapan Indah Boulevard (Samping Eka Hospital Harapan Indah)
INFO 24 JAM: 082311269846 (Call/SMS/WA)