S1 Marketing Communication 


Program Studi S1 Marketing Communication  adalah salah satu program studi yang ada di Kelas Karyawan Universitas Esa Unggul dengan keterangan sebagai berikut:

S1 MARKETING COMUNIKASI (Akreditasi BAN PT : A)

S1 Marketing Communication 

MASA STUDI:
a. Lulusan D3/Politeknik/Akademi dan sederajat
– Masa studi : 3 – 4 semester (1,5 – 2 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 42 – 72 sks
– Jumlah sks yang diakui/disetarakan: 104 – 106 sks.

b. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks
Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

WAKTU KULIAH

Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:

  • Kelas Malam: Senin – Jumat: Jam 19.00 – 21.30 WIB + E-Learning
  • Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 – 14.30 WIB + E-learning
  • Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 – 22.00 WIB  + E-learning

E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa Kelas Karyawan dapat memilih kampus sebagai berikut:
KAMPUS JAKARTA: Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta
KAMPUS TANGERANG: Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
KAMPUS BEKASI: Jalan Harapan Indah Boulevard No.4, RT.10/RW.5, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214

Kurikulum Program Studi Periklanan
Download KLIK DISINI

DESKRIPSI

Program Studi Marketing Communication membekali pengetahuan tentang strategi kreatif periklanan, ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan, disain komunikasi visual periklanan, komputer disain grafis dan animasi periklanan, teknik kamera elektronik, recording dan editing, fotografi periklanan, produksi iklan cetak dan elektronik, copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya diolah menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain – lain.

Bidang Perminatan

  1. Creative Management
  2. Account & Media Management

Kompetisi Lulusan

Lulusan Program Studi Marketing Communication dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menerapkan strategi kreatif periklanan dan strategi pemasaran;  merancang ilustrasi, sketsa dan topografi periklanan;  menggunakan komputer dalam membuat desain komunikasi visual, desain grafis dan animasi periklanan;  menggunakan dan memahami teknik kamera elektronik, melakukan recording dan editing, membuat fotografi periklanan, memproduksi iklan cetak dan elektronik, membuat copywriting, visualisasi dan story board, dan selanjutnya mengolahnya menjadi alat promosi berupa iklan media cetak, televisi, radio, brosur, poster, flyer, billboard, dan lain-lain.

VISI-MISI & TUJUAN
Visi

Pada tahun 2023, mampu menjadi fakultas yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi dan mampu membangun jiwa kemandirian.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat di bidang komunikasi melalui kerjasama dengan pemerintah, media, dan institusi lainnya.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai teori dan konsep-konsep dibidang ilmu komunikasi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keterampilan memanfaatkan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global di bidang komunikasi.
Kompentensi Lulusan
Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang periklanan yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis. Memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi Memiliki kreativitas dan kemampuan membuat desain periklanan local, national, international, institutional, brand, classified, sales, consumer advertising yang informatif, persuasif dan efektif

Proses Pembelajaran:

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  3. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  4. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  5. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  6. Bimbingan Akademik
  7. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  8. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  9. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  10. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karir Lulusan
Sarjana Periklanan dapat bekerja dan berkarir sebagai di biro periklanan sebagai art director, copywriter, account executive, media planner & buyer, illustrator, marketing communication, lay outer, market researcher, account planner, creative director;  dan bekerja di production house sebagai desainer grafis, dan animator.

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id )
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama
Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:

  • Universiti Kebangsaan Malaysia (Malaysia) dan
  • George Mason University (USA).
  • BakoHUMAS
  • Depkominfo
  • Media On Line P21.com
  • Perhumas
  • PERTAMINA
  • PT. Arga Bangun Bangsa
  • PT. Bank Bukopin, Tbk
  • PT. Bank Danamon Indonesia, Tbk
  • PT. Bintang Advis Multimedia (Cek Ricek)
  • PT. First Media, Tbk
  • PT. Intellisys Tri Pratama
  • PT. Jobecs Indonesia
  • PT. MNC Sky Vision
  • PT. Rimbun Job Agency
  • Anteve
  • Global TV
  • Indosiar
  • Metro TV
  • O Channel
  • RCTI
  • SCTV
  • TPI
  • Trans 7
  • Trans TV
  • TV One
  • TVE
  • TVRI
  • RRI
  • Bens Radio
  • Elshinta FM
  • Tri Jaya FM
  • detik.com
  • Indopos
  • Kompas
  • kompas.com
  • Media Indonesia
  • Poskota
  • Republika
  • Mustika Ratu
  • Adnyana Advertising
  • BBDO advertising
  • Dwi Sapta Advertising
  • PR P&G
  • PR Unilever

FASILITAS
Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas studio dan laboratorium seperti:

  • Studio Produksi Program Acara TV
  • Master Control Room
  • Studio Media dan Iklan
  • Studio Foto Digital
  • Laboratorium Fotografi – Kamar Gelap
  • Laboratorium Komputer iMac
  • Laboratorium Komputer
  • Laboratorium komputer Multimedia
  • Studio Televisi
  • Laboratorium Edit Televisi
  • Studio Radio
  • Studio Fotografi

Dosen Pengajar

  1. A RAHMAN, Drs.MM.
  2. Drs. ALIARAS WAHID, MM
  3. AMAR NUGRAHA, S.Sos, M.I.Kom
  4. ARIE NUGRAHA, S.Sos,M.Si
  5. Drs. ARIFIN SALEH HARAHAP, M.Si
  6. ARIO PAMUNGKAS, S.Kom, M.Si
  7. BALLIAN SIREGAR, S.Sos, M.Si
  8. BAMBANG SUJATI, SE, MM
  9. BUGI SATRIO ADIWIBOWO, S.E, M.I.Kom
  10. Drs. DANI VARDIANSYAH NOOR, M.Si
  11. DEFRI DAHLER, SE,MM
  12. ERNA FEBRIANI, S.Si, M.Si
  13. ERWAN BAHARUDIN, S.Sos, M.Si
  14. EUIS HERYATI, S.Sos. MM, M.Ikom
  15. EUIS NURUL BAHRIYAH, SE, M.Si
  16. HERIYANTI, ST, M.Ikom
  17. Drs. HERRY KUSWITA, M.Si
  18. IKBAL RACHMAT, ST, MT
  19. INDRA JAYA, SE, M.Si
  20. INDRIATI YULISTIANI, S.Sos, M.Si
  21. IRMA ROOSMALA DEWI, S.IP,M.Si
  22. IVANINA ZUHDI PANE, S.Sos., M.S.
  23. Drs. M JAMILUDDIN RITONGA, MS.
  24. MUH. RUSLAN RAMLI, S.Sos., M.Si., Ph.D
  25. NILAM RAKHMAWATI, S.Sos, M.Com
  26. NURIA ASTAGINI, S.Sos, M.Si
  27. PAUNDRA JHALUGILANG, S.Hum, M.Si
  28. R. AHMAD REZA INDRAYANA, S.Sos, M.Ikom
  29. RESMAN MUHARUL TAMBUNAN, SE, M.Si
  30. SAFIANI A. FAAROEK, SE, M.Ikom
  31. SAHIRA HUMAIRA, S.IKom, M.Si
  32. SARTIKA EKADYASA, S.Kom, M.I.Kom
  33. SUMARTONO, S.Sos, M.Si.
  34. Dr. SYAHRIAL SYARBAINI, M.A
  35. Drs. SYAIFUL HALIM, M.Ikom
  36. VIENCE MUTIARA RUMATA, S.Sos, MGMC
  37. WASLAM, S.S, M.Si
  38. YOUNA CHATRINE BACHTIAR, S.S, M.Ikom
  39. YUMELDA SARI, , S.Sos, M.Si
Silahkan Bertanya
ANDA JUGA BISA BERTANYA DI SINI

Nama Lengkap *
No HP *
Email *
Domisili *
Pertanyaan

PERMINTAAN BROSUR

PENDAFTARAN ONLINE

HUBUNGI KAMI

FOLLOW INSTAGRAM

DOWNLOAD BROSUR