S2 Ilmu Komputer Kelas Karyawan di Bekasi


Berikut ini kami sampaikan informasi tentang Program Magister (S2) Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul sebagai berikut:

Program Studi: Magister (S2) Ilmu Komputer

  • Akreditasi BAN-PT: Baik Sekali
  • Gelar Lulusan: MKom (Magister Komputer)
  • Masa Studi: 4 Semester

Syarat Mahasiswa:
- Lulusan Program Sarjana (S1) Semua Jurusan
- Lulusan Program Diploma 4 (D4) Semua Jurusan

Pilihan Waktu Kuliah:

Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:

  • Kelas Malam: Senin - Jumat: Jam 19.00 - 21.30 WIB + E-Learning
  • Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 - 14.30 WIB + Elearning
  • Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 - 22.00 WIB  + Elearning
E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

Pilihan Kampus:
Mahasiswa dapat memilih kampus di bawah ini:
- Kampus Utama: Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta
- Kampus Tangerang: Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
- Kampus Bekasi: Jl. Boulevard Raya – Kota Harapan Indah, Bekasi

Biaya Kuliah dan Pendaftaran KLIK DISINI

Tentang Program Studi
Pembukaan Program Magister Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul merujuk kepada surat Keputusan Menteri Ristekdikti No 507/KPT/I/2016, kekhasan dan karakteristik Program Studi Magister Ilmu Komputer  Universitas Esa Unggul yaitu program studi yang menghasilkan lulusan bidang Ilmu Komputer dengan keahlian Sistem Cerdas, berorientasi Enterprise, dan memiliki jiwa Kewirausahaan. Kurikulum Program Magister  Ilmu Komputer disusun sehingga mahasiswa dapat melakukan penelitian dan mengembangkan kemampuan di bidang Ilmu Komputer. Untuk mendapatkan gelar Magister Ilmu Komputer (M.Kom) jumlah satuan kredit yang harus ditempuh adalah 36 SKS serta dapat ditempuh dalam 4 (empat) semester.

Visi

Menjadi program studi Magister Ilmu komputer yang menjadi andalan sumber kompetensi nasional pendidikan tinggi akademis, professional, dan etika dalam bidang ilmu komputer yang terpercaya dengan berbasis pada ilmu pengetahuan & teknologi, dan akrabdengan komunitasnya.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan magister akademik dalam bidang ilmu komputer, didukung dengan kegiatan riset aplikatif secara intensif sehingga mampu mendidik sumber daya manusia yang mampu mengelola sumberdaya informasi secara profesional dan berjiwa wirausaha, serta dapat berperan dalam mewujudkan sistem enterprise terintegrasi berbasis teknologi informasi yang efektif dan efisien, dan membina masyarakat teknologi informasi yang etikal.

Tujuan

Berangkat dari visi dan misi tersebut di atas maka program studi Magister Ilmu Komputer memiliki tujuan umum untuk menghasilkan sumber daya insani yang memiliki:

  • Kemampuan memahami pengetahuan dan menguasai ketrampilan di bidang informatika/ilmu komputer sehingga dapat mengidentifikasikan dan menformulasikan masalah-masalah dan mencari dan mengembangkan metode untuk menemukan solusinya.
  • Keterampilan berkomunikasi, kemampuan bekerjasama secara multi disiplin, dan berwawasan usaha yang etikal dan profesional.
  • Kemampuan dan keterampilan yang menjadi dasar-dasar kemampuan dan keterampilan dalam pengelolaan sistem enterprise berbasis teknologi informasi.
  • Kemampuan dan keinginan untuk terus belajar sejalan dengan perkembangan tuntutan lingkungan kerja yang bersifat global dan multikultural.
  • Pengetahuan spesifik yang terkait dengan bidang informatika/ilmu komputer dan kewirausahaan.

Menjawab kebutuhan organisasi dan industri secara nasional, Magister Ilmu Komputer diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut:

  • Berketerampilan siap pakai untuk memecahkan permasalahan bidang ilmu pengetahuan, sistem komputer dan teknologi informasi;
  • Berpengetahuan untuk melakukan analisis, perancangan, implementasi dan perbaikan sistem berbasis teknologi informasi;
  • Berkemampuan untuk menjalankan fungsi manajerial dalam mengkoordinasikan sumber daya informasi yang diperlukan dalam suatu sistem enterprise;
  • Berkemampuan untuk menjalankan kegiatan wirausaha berbasis teknologi informasi secara handal.

Sedangkan tujuan khusus Program Magister Ilmu Komputer adalah menghasilkan tenaga ahli setingkat senior manager dengan keahlian sebagaimana dinyatakan sebagai berikut:

  • Memahami strategi dan proses bisnis yang terintegrasi dalam suatu enterprise.
  • Memiliki keterampilan khusus dan pengetahuan tentang teknik dan proses pembuatan perangkat lunak aplikasi untuk keperluan enterprise.
  • Mampu mendefinisikan dan mengoptimalkan proses-proses teknologi informasi yang menjadi tanggung jawabnya.
  • Mampu merencanakan, membuat dan mengelola usaha di bidang teknologi informasi secara handal.

Fasilitas

Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium komputer yang dirancang dan didesain berbasis jaringan internet, sehingga memudahkan para mahasiswa mengakses informasi mutakhir tentang teknologi komputer dan informasi melalui media internet, seperti:

  • Laboratorium Komputer Computer Applied Technology: 166 Microsoft Softwares Corp., Macromedia, Multimedia Design, Networking CISCO, JAVA Programming, Database System (SQL Server), dan Artificial Intellegence
  • Laboratorium Komputer Enterprise Resource Planning dari Software Application Program (SAP): Fundamental, Financial, Order Fulfillment, Manufacturing, Human Resources, Advanced Business Application Programming.

Laboratorium Komputer

Aplikasi Program Komputer

Computer Applied Technology: 166 Software Microsoft Corp., Macromedia, Multimedia Design, Networking CISCO, JAVA Programming, Database System (SQL Server), dan Artificial Intellegence, Software Application Program (SAP): Fundamental, Financial, Order Fulfillment, Manufacturing, Human Resources, Advanced Business Application Programming.


Perpustakaan

Buku Teks :

  1. A Development Guide to SQL Server 2005, Bob Beauchemin and Dan Sullivan, Microsoft , 2006
  2. A Text Book Digital Computer Electronic, Barun Ray Chaudur, S. Chand & Company LTD, New Delhi., 2007.
  3. Akuntansi Suatu Pengantar, Soemarso S.R., Salemba Empat, Jakarta, 2005.
  4. Algorithm, Sanjoy Dasgupta dkk, McGrawHill, USA, 2007
  5. Aljabar Liner, Ahmad Ariifin, ITB, 2001.
  6. An Introduction to Database Systems, CJ Date, Pearson – Addison Wesley, 2004.
  7. Applying Enterprise JavaBeans Component Java Based Development for the J2EE Platform,. Addison Wesley, USA, 2001.
  8. Articial Intelegence A Modern Approach, Stuart Russel and Peter Norvig, Prentice Hall, USA, 2003.
  9. Beginning Java 2, Ivor Horton, Wrox Press Ltd,1999.
  10. Business Data Network and Telecommunication, Raymon R. PankoPearson Education, New Jersey, 2005.
  11. Computer A Top Down Approach Featuring the Internet, James F. Kurose and Keith W. Ross, Pearson Education, USA, 2005.
  12. Computer Organization and Design, The Hardware/Software Interface, David A. Patterson and John Hennessy, India, 2005.
  13. Computer Science Suatu Pengantar, J. Glenn Brookshear, Erlangga, Surabaya, 2003.
  14. Computers Tools for An Information Complete, H.L. Capron dan J.A. Johnson, Pearson Education, 2004.
  15. Core Java 2 , Cay S. Hortmann and Gary Cornell, USA, Sun Microsystem Press.
  16. Core Java Vol 1, Fundamentals Cay S. Horstman , SUN Microsystems inc , 2003.
  17. Data Abstraction and Problem Solving with Java, Walls and Mirrors, Frank M. Carrano and Janet J. Prichard, Pearson Education, USA, 2005.
  18. Data Base System, Design, Implementation, dan Management, Rob and Coranel, Thoimson Learning, 2002.
  19. Data Base Systems, Thomas Connoly, Addison Wesley,2002.
  20. Data Mining, Pang-Ning Tan, Michael Steinbach, Vipin Kumar, Pearson – Addison Wesley, USA, 2006.
  21. Data Structures and Algorithms in Java, Michael T. Goodrich and Roberto Tamassia, John Willey and Sons, USA, 2004.
  22. Database System Design Implementation and Management, Peter Rob and Charles Coronel, McGrawHill, and Thomson Course Tech, USA, 2007.
  23. Decision Support and Expert System, Management Support Systems, Efrain Turban, Prentice Hall, 1998
  24. Decision Support Systems and Intelegent Systems, Jilid 1, Efrain Turban, Jay E. Aronson and Ting Peng Liang, Andi, Yogyakarta, 2005.
  25. Decision Support Systems and Intelegent Systems, Jilid 2, Efrain Turban, Jay E. Aronson and Ting Peng Liang, Andi, Yogyakarta, 2005.
  26. Digital Design System using VHDL, Charles H. Roth, Jr. And Lizy Kurian John, Thomson Course Technology, USA, 2008
  27. Distributed ‘system and Networks, William Buchanan, McGraw Hill, Singapore, 2002.
  28. Embeded Microcompoter System, Real Time Interfacing, Jonathan W. Valvano, Thomson Learning, USA, 2008
  29. Fundamental Microprosessor and its Application, Anokh Singh and A.K. Chhabra, S. Chand & Company LTD, New Delhi., 2007.
  30. Fundamental of Information System, Ralph Star and George Reynolds, McGrawHill, and Thomson Course Tech, USA, 2008.
  31. Fundamentals of Database Systems, Elmasri dan Navate, Pearson International , 2007.
  32. Image Processing, Analysis and Machine Vision, Milan Sonka, Vaclav Hlavac and Roger Boyle, Thomson Learning, USA, 2008
  33. Information System Project Management, David Olson, 2002.
  34. Information Technology A Practical Introdution to Computers and Communications, Sawyer and Williams, McGraw Hill dan Irwin, USA, 2003.
  35. Information Technology, Principles, Practices, Opprtunity, James A. Senn, Pearson – Prentice Hall, New Jersey, 2004.
  36. Integrated Production Control System, Management, Analysis Design 2/E, David D. Bedwoth and James E. Bailey, USA, 1987.
  37. Interaksi Manusia Komputer, Teori dan Praktek, P. Insap Santosa, Andi, Yogyakarta, 2004.
  38. Introduction to Information Technology, Turban, Rainer, Porter, John Wiley and Son, USA, 2001.
  39. Invitation Computer Science c++ Version, G. Michael Schneider and Judith L. Gersting, Thomson Course Techn, 2008.
  40. Java Programming Comprehension Version, Y. Daniel Liang, Pearson – Prentice Hall, 2005.
  41. Javatm 2 Weekend Crah Coursetm, Julio Sanches dan Maria P. Canton, Gramedia Jakarta, 2002.
  42. Konsep Kecerdasan Buatan, Anita Desiani dan Muhammad Arhami, Andi, Yogyakarta, 2006.
  43. Learning Bayesian Networks, Richard E. Neapolitan, Prentice Hall, 2004.
  44. Leisure Programming, A Service Centered and Benefits Approach, Christopher R. Edginton, Susan, dkk., McGrahHill, 2004.
  45. Linux Programming A Beginers Guide, Richard Petersen, Osborne, USA, 2001.
  46. Logic and Discrete Mathematics, A Computer Science Perspective,nWinfried Karl Grassmann and Jean Paul Tremblay, Prentice Hall, New Jersey, 1996.
  47. Management of Information System, Effy Oz, McGrawHill, and Thomson Course Tech, USA, 2006
  48. Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer”, Jong Jek Siang Penerbit Anndi Yogyakarta, 2002.
  49. Membagun Data Base Visual Basic 6.0 dan perintah SQL, Kok Yung , Elex media Komputindo,2002.
  50. Network Security Essentials Application and Standards, Willian Stallings, Pearson Education International, USA
  51. Network Security first-step, Tom Thomas, Andi, Yogyakarta, 2005.
  52. Network Security, Keahlian yang anda butuhkan untuk melindungi Network anda dari Serangan yang Sering terjadi, Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.
  53. Object Oriented System Analysis and Design, Joey F. George, dkk, Prentice Hall, New Jersey, 2004.
  54. Operating System Concepts, Silberchatz, Galvin and Gagne, John Wiley and Son, Singapore, 2002.
  55. Organisasi Komputer Terstruktur, Andrew S. Tanenbaum, Salemba Teknika, 2001.
  56. Pemodelan Visual dengan UML, Munawar, Graha Ilmu, 2005
  57. Pemrograman Aplikasi Web dengan ASP. NET, Handoyo Kristanto, Elek Media Komputindo, 2002.
  58. Pengelolaan Instalasi Komputer, Suryadi HS., STIK Jakarta, 1996.
  59. Principles of Computer Aided Design and Manufacturing, Pearson Education, USA, 2004.
  60. Principles of Information System, Ralph Stair and George Reynolds, McGrawHill, and Thomson Course Tech, USA, 2008
  61. Problem Solving with Java, Elliot B. Koffman and Ursula Wolz, Adison Wesley, USA, 2002.
  62. Profesional Linux Programing, Neil Matthew, Wrok Press, Ltd, 2000.
  63. Programming the Web Using XML, Ellen Pearlman and Elleen Mullin, McGrawHill, 2004.
  64. Red Hat Linux 6 Server, Mohammed J. Kabir, M&T Books, 1999
  65. Rekayasa Perangkat Lunak, buku 1, Roger S. Pressman,. Andi , Yogayakarta, 2002
  66. Rekayasa Perangkat Lunak, buku 2, Roger S. Pressman,. Graha Ilmu, 2003 *
  67. Rekayasa Perangkat Lunak”, Roger S. Pressman, Andi Yogyakarta, 2002.
  68. Requiements Analiysis and Systtems Design, Leszek A. Maciaszek,Addison Wesley,2001.
  69. Simply Java tm Programming an Application-Driven Tutorial Approach, Deitel, Pearson Education, New Jersey, 2004.
  70. Sistem Analysis and Design in A Changing Wolrd, John Satzinger, dkk., McGrawHill, and Thomson Course Tech. USA, 2007.
  71. Sistem Informasi Akuntansi, George H. Bodnar and William S. Hopwood”, Andi, Yogayakarta, 2006
  72. Sistem Informasi Geografi : Tutorial Arciew, Edy Prahasta, ElexMEdia Komputindo, 2003
  73. Sistem Manajemen Database. Raghu Ramakrishnan dan Johannes Gehrke, McGrawHill Education, 2003.
  74. Small Business Solution for Networking, Alan Neibauer, Elex Media Komputindo, 2001
  75. Software Architect Bootcamp, Raphael Malveau and Thomas Mowbray, Pearson Education, 2004.
  76. Sofware Engineering, Roger S..Pressman, Mc Graw Hill, 2001.
  77. Sofware Project Management In Practicee, Pankaj Jolatte, Addison Pearson Education in, 2002.
  78. SQL Server 7.0’, Jose Raalho, Elex Media Komputindo,1999.
  79. The Architecture of Computer Hardware and System Software, Irv Englander, John Wiley and Son, USA, 2003.
  80. The Complete Reference Java J2SE, Herbert Schildt, Mc Graw Hill, USA, 2005.
  81. The IT Career Builder’s Toolkit, Matthew Moran, CISCO Press, 2006.
  82. The Rational Unified Process Made Easy A Practitioner, Kroll, Krutchen, Addison Wesley, 2003
  83. The ultimate CRM, Strategic and Concepts for Building Enduring Costumer Loyalty and Profitability”, John G. Freeland, Mc Graw Hill, New York, 2002.
  84. UML Distilled Panduan Singkat Pemodelan Objek Standar, Martin Fowler , Penerbit ANDI, 2004
  85. Visual Basic Developers Guide to e-Commerce with ASP and SQL Server, Noel Jerke, Sybex, 1996.
  86. Web Research, Grant Heckman and David Ingre, Thomson, USA, 2008

Jurnal Ilmiah Nasional

  1. INFOMATEK, Volume 1 Nomor 2 September 1999.
  2. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, Vol 1 No. 1 Jan 2007.
  3. Jurnal Ilmu Komputer dan Tehnologi Informasi, Volume2, Nomor 2 Oktober 2002.
  4. Jurnal Informatik, Publikasi Ilmiah Tehnologi Informasi, Vol2, N0.1, Januari 2003.
  5. Jurnal Informatika, Vol 3 No. 1 2007
  6. Jurnal Informatika, Vol 7 No. 1 Mei 2006
  7. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 2 No. 1 Mar 2007
  8. Jurnal Tehnik, Fakultas Tehnik Universitas Indonusa Esa Ungggul, Vol 1 N0.1 Hal 1-32 Jakarta Mei 2000.
  9. Jurnal Universitas Paramadina, Vol.1, No.1, September 2001.
  10. Media Ilmiah INDONUSA, Edisi V April –Oktober 1998.
  11. Prosesor Berbasis Molekul DNA, Elektro Indonesia.44.2002,ISSN 0854-0876
  12. Sinergi, Jurnal Ilmiah Volume 1 No .5 Oktober 2001.

Skripsi

    1. Desain Model Sistem Informasi Simpan Pinjam Pada KSP Kodanua Jakarta, Prayitno, 2003.
    2. Perancangan Sistem Informasi Penjualan dan Persediaan Obat Farmasi Dengan Menggunakan UML (Study kasus farmai di Rumah Sakit Ibu dan Anak Denista, Teti Liza Nuryanti, 2003
    3. Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan SMU Islamic Village Tangerang, Viska Veraningsih, 2003
    4. Perencangan Sistem Compiterisasi Penyewaan VCD pada Delta Rental VCD, Riza Irawaati 2003
Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer (M.Kom)
Download:
Distribusi Mata Kuliah Program Studi Magister  Ilmu Komputer (M.Kom)

Dosen Pengajar

  1. Dr. Ir. Husni S Sastramihardja, MT
  2. Dr. Gerry Firmansyah, S.T, M.Kom
  3. Dr. Budi Tjahjono, S.Kom, M. Kom
  4. Ir. Munawar, MMSI, Ph.D
  5. Habibullah Akbar, S.Si, M.Sc, Ph.D
Silahkan Bertanya
ANDA JUGA BISA BERTANYA DI SINI

Nama Lengkap *
No HP *
Email *
Domisili *
Pertanyaan

PERMINTAAN BROSUR

Nama Lengkap *
Email *
No HP Anda *
Alamat Lengkap *

PENDAFTARAN ONLINE

HUBUNGI KAMI

FOLLOW INSTAGRAM

DOWNLOAD BROSUR