Universitas Esa Unggul Menjadi Tuan Rumah Acara International Symposium and Workshop on Physical Fitness and Sports Nutrition (ISPEN) 2024

Universitas Esa Unggul menjadi tuan rumah bagi ajang bergengsi di dunia akademik dan olahraga, yakni International Symposium and Workshop on Physical Fitness and Sports Nutrition (ISPEN) 2024. Acara yang berlangsung selama tiga hari ini, mulai dari tanggal 7 hingga 9 Agustus 2024, bertempat di Ballroom Kemala, Universitas Esa Unggul, Jakarta.

ISPEN 2024 kali ini menghadirkan 14 narasumber dari enam negara, yaitu Inggris, Yordania, Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan Indonesia. Para ahli dan akademisi terkemuka ini diundang untuk berbagi ilmu dan pengalaman mereka dalam bidang kebugaran fisik dan nutrisi olahraga, yang menjadi fokus utama dari simposium ini.

Di antara narasumber yang akan hadir adalah Rebeca Randell dan Teena Badshah dari Gatorade Sport Science Institute Inggris, yang juga menjadi salah satu sponsor dalam kegiatan ini. Kedua pakar ini dikenal secara internasional berkat kontribusi mereka dalam penelitian dan pengembangan nutrisi olahraga. Selain itu, Prof. Ibrahim Dabayebeh dari University of Jordan, Prof. Masashi Miyashita dari Waseda University Jepang, dan Prof. Wook Song dari Seoul National University Korea Selatan juga akan memberikan pandangan mereka terkait tren dan inovasi terbaru dalam bidang ini.

Tidak ketinggalan, Assoc Prof. Jason Lee dari National University of Singapore (NUS) akan hadir untuk berbagi pengetahuan mengenai pendekatan ilmiah dalam optimalisasi kebugaran fisik. Dari dalam negeri, sejumlah Guru Besar dari universitas terkemuka serta perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat turut ambil bagian dalam kegiatan ini, memberikan wawasan lokal yang relevan dengan kondisi di Indonesia.

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma A.P., ST., MBA., IPU, ASEAN Eng. dalam sambutannya menyampaikan, menjadi tuan rumah International Symposium and Workshop on Physical Fitness and Sports Nutrition (ISPEN) 2024 adalah sebuah kehormatan besar bagi Universitas Esa Unggul.

“Acara ini tidak hanya memperkuat posisi kami sebagai institusi pendidikan yang berkomitmen pada pengembangan ilmu kebugaran dan nutrisi olahraga, tetapi juga menjadi momentum penting untuk membangun jaringan kerjasama internasional yang lebih luas. Kami berharap ISPEN 2024 akan menjadi wadah yang inspiratif bagi para akademisi, praktisi, dan profesional untuk bersama-sama memajukan bidang ini di tingkat global, ucapnya”.

ISPEN 2024 juga mendapat dukungan penuh dari Gatorade dari Pepsico dan Herbalife, yang turut andil dalam penyelenggaraan acara ini. Dukungan ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara akademisi, industri, dan organisasi olahraga dalam memajukan ilmu kebugaran fisik dan nutrisi olahraga di tingkat global.

Dengan berbagai topik yang akan dibahas dan workshop yang akan diadakan, ISPEN 2024 diharapkan dapat menjadi platform bagi para akademisi, praktisi, dan profesional di bidang kebugaran fisik dan nutrisi olahraga untuk bertukar pikiran dan memperkaya pengetahuan mereka, serta mempererat hubungan kerja sama internasional.

Selain sesi presentasi, seminar ini juga akan menyelenggarakan sesi tanya jawab, diskusi panel, dan workshop interaktif yang bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif bagi semua peserta. ISPEN 2024 bertujuan untuk menjadi wadah kolaborasi antara akademisi, peneliti, mahasiswa, atlet, pelatih, dan penggiat olahraga untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, serta inovasi mengenai isu-isu terkini dalam bidang Gizi Olahraga. Selain itu, menurut Ketua ISPEN 2024, Maya Fernandya Siahaan, B.Sc., M.Kes, kegiatan ini akan menjadi ajang promosi bagi masyarakat mengenai pentingnya peranan gizi dan aktivitas fisik sebagai kebutuhan dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

ISPEN 2024 diharapkan dapat memberikan kesan positif bagi para peserta dan menjadikan peserta memiliki pengetahuan gizi olahraga sehingga mendorong perubahan positif dalam kebiasaan makan dan aktivitas fisik sehari-hari sebagai bentuk pencegahan penyakit tidak menular terkait gaya hidup. Tidak hanya itu, ISPEN 2024 dapat meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dengan memberikan pengetahuan gizi dan latihan fisik yang tepat sebagai panduan dalam meningkatkan energi dan daya tahan bagi atlet. Peningkatan pengetahuan gizi olahraga yang terjadi pada masyarakat melalui ISPEN 2024 memiliki potensi besar untuk membawa perubahan positif dalam gaya hidup dan kesehatan masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*