D3 Rekam Medis Kelas Karyawan di Jakarta


D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan

MASA STUDI:
a. Lulusan SMU/SMK atau yang sederajat
– Masa studi : 8 – 10 semester (4 – 5 tahun)
– Beban Studi (jumlah sks yang harus ditempuh): 144 – 146 sks
Catatan: Lulusan Paket C juga bisa mendaftar

WAKTU KULIAH

Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:

  • Kelas Malam: Senin – Jumat: Jam 19.00 – 21.30 WIB + E-Learning
  • Kelas Sabtu Pagi: Jam 07.00 – 14.30 WIB + E-learning
  • Kelas Sabtu Siang: Jam 14.30 – 22.00 WIB  + E-learning

E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.

PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa Kelas Karyawan dapat memilih kampus sebagai berikut:
KAMPUS JAKARTA: Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta
KAMPUS TANGERANG: Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
KAMPUS BEKASI: Jalan Harapan Indah Boulevard No.4, RT.10/RW.5, Pusaka Rakyat, Kec. Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214


DOWNLOAD :
KLIK DISINI Kurikulum Program D3 Rekam Medis & Informasi Kesehatan
 

Sistem Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di institusi pelayanan kesehatan seperti Rumah Sakit, dan Lembaga Pelayanan Kesehatan Masyarakat yang terintegrasi dan akurat merupakan proses aktivitas penting melalui sistem pencatatan, pengolahan dan analisis data medis secara lengkap, akurat, tepat waktu dan terintegrasi dalam pengelolaan data pasien baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, amnesia, penentuan fisik, laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan, medik yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap, rawat jalan maupun, gawat darurat. Data rekam medis dan informasi kesehatan sangat penting karena sebagai dasar pemeliharaan kesehatan dan pengobatan pasien, bahan pembuktian dalam perkara hukum, untuk kepentingan penelitian, dasar pembayaran biaya pelayanan kesehatan dan, bahan untuk menyiapkan statistik kesehatan.

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Kompetisi Lulusan
Lulusan Program Studi Rekam Medik dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen dan aplikasinya dalam organisasi; kemampuan untuk merencanakan, mengumpulkan, mengolah, mengelola, mengevaluasi, menilai mutu rekam medik dan informasi kesehatan, dan menyajikannya untuk berbagai kebutuhan pemangku kepentingan; kemampuan menelusuri informasi penunjang diagnosis dan menentukan kode penyakit, permasalahan kesehatan serta kode tindakan yang akurat, kemampuan untuk mengelola indeks penyakit, tindakan, kematian dan dokter, guna kepentingan laporan medis dan statistik serta permintaan informasi pasien secara cepat dan terperinci, kemampuan untuk mengkomunikasikan analisis hasil telaah dokumentasi rekam medik dan informasi kesehatan dengan dokter dalam mengkonfirmasi diagnosis dan tindakan

Keunggulan
Program D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Esa Unggul
 adalah sebagai pelopor pendirian dan merupakan program studi D3 Rekam Medik dan Informasi Kesehatan yang pertama di Indonesia (sejak 1989); memiliki ijin penyelenggaraan dari Kementrian Pendidikan Nasional dan Pembinaan dari Kementrian Kesehatan; Status Terakreditas (A), baik dari Kementrian Pendidikan Nasional ataupun dari Kementrian Kesehatan.

VISI-MISI & TUJUAN

Visi
Pada tahun 2024 mampu menjadi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan yang menghasilkan lulusan terbaik bidang Kesehatan di Indonesia yang berbasis intelektual, etis, inovasi dan unggul, berjiwa kewirausahaan serta memilliki daya saing global.

Misi

Misi Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  di bentuk dan dikembangkan berdasarkan kaidah ilmiah dalam wujud rencana strategis. Misi yang tercantum dalam rencana strategis program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  adalah:

  1. Melaksanakan pendidikan rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK) berbasis intelektual, etis  dan inovasi serta mengikuti perkembangan IPTEK melalui praktek kerja lapangan, praktek di laboratorium computer dan Rekam Medis
  2. Menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, dan professional yang siap bersaing dalam dunia global
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang rekam medis dan informasi kesehatan dengan melibatkan dosen,  mahasiswa  yang dapat mendorong kreativitas dan kemandirian mahasiswa serta meningkatkan jiwa kewirausahaan melalui penggunaan teknologi informasi terbaru dengan menyesuaikan kualitas penelitian berdasarkan standar nasional dan internasional
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang rekam medis dan informasi kesehatan (RMIK)  melalui kerjasama dengan institusi pelayanan kesehatan yang  berkaitan dengan inovasi, kemandirian, dan kewirausahaan berdasarkan hasil pendidikan, pelatihan dan penelitian.
  5. Melakukan jaringan kerjasama dengan masyarakat pengguna, instansi pelayanan kesehatan , dan lembaga atau instansi terkait.

Tujuan Pendidikan

Untuk mencapai visi dan misi di atas, Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan  Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas  Esa Unggul menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi dengan tujuan untuk :

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul serta profesional dalam bidang pengelolaan rekam medis dan informasi kesehatan.
  2. Menghasilkan karya-karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi dan dapat menjadi acuan bagi pendidikan yang sama.
  4. Menghasilkan lulusan yang peka terhadap masalah dan perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.
  5. Menghasilkan lulusan yang mampu mandiri, menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dan siap pakai dalam bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan.
  6. Menghasilkan penelitian yang memperkaya ilmu pengetahuan dengan karya ilmiah yang inovatif, mandiri, dan kewirausahaan dalam rangka memecahkan masalah di masyarakat dan memberi kontribusi pada pembangunan .
  7. Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pembinaan, pelatihan, pendampingan, dan pemberdayaan dalam rangka menumbuhkan jiwa kreatif,  mandiri, dan kewirausahaan serta meningkatkan kemampuan dan peran serta masyarakat dalam pembangunan.

Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK) Universitas Esa Unggul memiliki komitmen untuk membentuk tenaga-tenaga yang profesional dalam pengumpulan, analisis dan desiminasi informasi kesehatan, yang cakupan penggunanya meliputi administrator, manajer, pemberi pelayanan kesehatan (provider). RMIK Universitas Esa Unggul menghasilkan lulusan yang mampu :

  1. Menghasilkan karya – karya inovatif dalam menunjang kualitas pelayanan informasi kesehatan.
  2. Memahami perkembangan IPTEK di bidang Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  3. Trampil dalam menggunakan berbagai peralatan terkait manajemen informasi Kesehatan sesuai dengan perkembangan IPTEK
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan dan berwawasan global.

Proses Pembelajaran

  1. Masa Orientasi Mahasiswa baru diawali dengan pembekalan softskill (training: ESQ, leadership, entrepreneur, communication, dan self confidence)
  2. Kurikulum 3,5 tahun (7 semester normal, 3 semester pendek)
  3. Progam Bahasa Inggris secara komperehensif (TOEFL & TOEIC)
  4. Kemajuan belajar mahasiswa dievaluasi berdasarkan sistem evaluasi kemajuan belajar yang meliputi ujian tengah semester, ujian akhir, kuis, dan penyelesaian tugas rumah dan praktikum
  5. Pembelajaran berbasis Hybrid Learning (intranet dan internet sebagai alat komunikasi antar dosen dan mahasiswa dalam aplikasi materi ajar, pemberian tugas, dan referensi
  6. Praktikum di Laboratorium dengan fasilitas terbaik
  7. Bimbingan Akademik
  8. Mengadakan Kuliah Umum dan Dosen Tamu dari pakar dan praktisi profesional
  9. Mengadakan Seminar, Lokakarya, Pelatihan dan Diskusi interaktif
  10. Ekstrakulikuler melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  11. Praktek Kerja Lapangan di perusahaan nasional dan multinasional.

Profesi dan Karier Lulusan

Ahli Madya Rekam Medik dan Informasi Kesehatan dapat bekerja dan berkarir di instansi pemerintah ataupun swasta seperti rumah sakit, klinik, puskesmas ataupun lembaga pendidikan sebagai pengkode diagnosis dan tindakan (clinical coder), manajer unit kerja rekam medik dan informasi kesehatan, pengelola sistem informasi kesehatan; mitra pengembang aplikasi sistem informasi kesehatan dan mitra peneliti.

Karier Lainnya :

  • Manajer Unit Rekam Medis
  • Analisis Sistem Informasi Kesehatan
  • Spesialis Data Klinik
  • Koordinasi Informasi Pasien
  • Pengelola Pusat Data / Informasi Kesehatan
  • Coder diagnoses di pelayanan kesehatan
  • Analis Data untuk kepentingan Asuransi Kesehatan
  • Konsultan Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
  • Konsultan IT bidang Kesehatan
  • Pengelola Sistem Informasi Kesehatan
  • Peneliti

Esa Unggul Career Center

  1. Sebagai lembaga yang membantu membentuk lulusan yang trampil, mahir dan berkepribadian untuk menghadapi tantangan dunia kerja melalui program pelatihan dan pengembangan
  2. Menyediakan informasi peluang kerja bagi mahasiswa dan lulusan UEU di jaringan komunikasi konvensial dan elektronik ( www.esaunggul.ac.id)
  3. Mengelola jaringan komunikasi (networking) antara alumni
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga profesi, bisnis, pelayanan kesehatan, industri jasa dan manufaktur dalam rangka penyaluran SDM lulusan UEU

Kerjasama

  1. Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain: Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan, BUMN, Lembaga Pelayanan Kesehatan, Puskesmas, Klinik dan Rumah Sakit (pada saat ini telah terjalin kerja sama dengan lebih dari 40 Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swasta), organisasi profesi, sosial, kesehatan, dan perusahaan; berbagai perusahaan asuransi.
  2. Mitra Kerjasama dalam Praktek Mahasiswa, Pendidikan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat Departemen Pemerintah dan BUMN. Depkes RI – Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Nasional, Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia, Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, Pemerintah Prov DKI Jakarta Badan Kesatuan Bangsa, Pemerintah Kabupaten Cianjur Badan Kesatuan Bangsa, Politeknik Kesehatan Jakarta II Jurusan Gizi, Pemerintah Kotamadya Jakarta Barat, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Cianjur, Purwakarta, Tangerang, Bekasi, dan Poltekes Depkes.
  3. Lembaga Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit Umum, Daerah dan Swast
  4. Hyperkes, RSU Cipto Mangunkusumo, RS FK UKI, Siloam Hosiptal Karawaci, Siloam Hospital Kebon Jeruk, RS Fatmawati, RS Tarakan, RS Islam Cempaka Putih, RS Islam Pondok Kopi, RSU Tangerang, RSU Cibinong, RSUD Tarakan, RSUD Tangerang, RSUD Budhi Asih, RSUD Sumber Waras, RSUD Koja, RSP Pertamina, RS Patria IKKT, RSAB Harapan Kita, RS Harapan Bunda, RS PIK, RS PELNI, RS Siloam, RS Persahabatan, RS Pasar Rebo, RS Atmajaya, RS Medistra, RS Puri Indah, RS Puri Kedoya Mandiri, RS Medika Permata Hijau, RS Juwita Bekasi, RS Paramita Tangerang, RS Global Medika Tangerang, RS Bersalin Avisena, RS Mitra Asih, RS Pantai Indah Kapuk, RS Islam Pondok Kopi, RSPAD, RS Angkatan Laut, RSJ Soeharto Herjan, RS Hasan Sadikin Bandung, Yayasan Jantung Harapan Kita, RSIA Keluarga Kita Tangerang, dan Puskesmas (Jaktim, Jakpus, Jakbar, Jaksel, dan Jakut).
  5. Organisasi Profesi, Sosial, Kesehatan, dan Perusahaan
  6. Asosiasi Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Ikatan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia, Asosiasi Ilmu Pendidikan Gizi Indonesia, Persatuan Ahli Gizi Indonesia, PT. Enzym, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT. Krakatau Medika, PT.Yakult Indonesia, PT. Aero Catering, Puspa Catering, LP Cipinang, Badan Narkotika Nasional, Palang Merah Indonesia, Sampoerna Foundation, Tbk, John Bloomberg Hopkins Institute, Positive Deviance Resources Centre, Danone Nutrition Institute, Badan POM RI, dan World Health Organization.

Fasilitas
Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas laboratorium seperti:

  • Laboratorium Kimia
  • Laboratorium Rekam Medis
  • Laboratorium Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Laboratorium Perancangan Kerja dan Ergonomi
  • Laboratorium Kuliner
  • Laboratorium Bio Kimia
  • Laboratorium Keperawatan Dasar
  • Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah
  • Laboratorium Anak dan Maternitas
  • Laboratorium Jiwa dan Komunitas
  • Laboratorium Home Care.
  • Laboratorium Komputer

Buku Teks

  1. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Iqbal Hasan, PT Bumi Aksara, 2005
  2. Anatomi dan Fisiologi untuk Paramedis, Evelyn c Pearce, Gramedia, 2006
  3. Anatomi Fisiologi untuk Siswa Perawat Syaifuddin, EGC, 2006
  4. Anatomi sistem reproduksi Santoso Gunardi, UI, 2007
  5. Aplikasi Klinis Patofisiologi Pemeriksaan dan Manajemen , Valentina L. Brashers, EGC, 2007
  6. Aromatherapy, 2007
  7. Atlas Berwarna & Teks Anatomi Manusia Sistem Lokomotor, Werne, 2007
  8. Basic Healthcare Statistics for health information Management profesional, Karen,Cs, AHIMA , 2006
  9. Buku saku mengenal penyakit melalui hasil pemeriksaan laboratorium, AY. Sutedjo, Amara Books, 2008
  10. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan, Ahmad Watik Praktiknya, Raja Grafindo Persada, 2007
  11. Easy Guide to clinical Practice Improvement, a guide for healthcare professional, 2nd edition, NSW Health, 2006
  12. Efisiensi Pengelolaan Rumah Sakit, Soejadi, 2005
  13. Essential of Hospital Risk Management . Barbara J. Youngberg, Aspen Publ., 2007
  14. Etika dan hukum kesehatan, Alexandra Indriyanti Dewi, Pustaka Book Publisher, 2008
  15. Flu Burung : aspek klinis dan epidemiologis, S. Tamher Noorkasiani, Salemba Medika, 2008
  16. Fundamentals Of International Business Management, Steven Globerman, Prentice Hall, 2005
  17. Gaya Hidup Sehat, R Wulan S.UGM, 2006
  18. Hospital Cocts And Health Insurance , Martin Feldstein, Harvard University Press, 2008
  19. How to prepare for the toefl test of english as a foreign language with cd-rom, pamela j. sharped, bina rupa aksara, 2008
  20. Ilmu Kesehatan Masyarakat , Prinsip- prinsip dasara, Soekidjo Notoatmodjo, 2005
  21. Kamus Kedokteran, Ahmad Ramali Pamoentjak, Djambatan, 2005
  22. Kesehatan masyarakat : ilmu & seni, Soekidjo Notoatmodjo, Rineka Cipta, 2006
  23. Kewirausahaan Teori dan Praktek”, Amin Widjaja Tunggal, Harvarindo, 2007
  24. Manajemen pelayanan rumah sakit berbasis sistem infomasi, H. Boy S. Sabarguna, Konsorsium RS. Islam Jateng-DIY, 2005
  25. Manajemen Risiko: konsep, kasus, Implementasi, Hinsa Siahaan, 2007
  26. Manajemen rumah sakit berbasis komputer : mencakup aspek pemasaran dan manajemen keuangan. Johar Arifin,Heru Adi Prasetya, 2006
  27. Medical terminology for health prefessions, Ann Ehrlich, Thomson Delmar Learning, 2005
  28. Merangkai hospitals bylaws, J. Guwandi,FK UI, 2005
  29. Metode numerik dan algoritma komputasi, Achmad basuki Nana Ramadijanti, Andi, 2005
  30. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan Sugiyono,Alfabeta, 2005
  31. Obstetri Patologi, Universitas Padjadjaran Bandung,UNPAD, 2008
  32. Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah sakit ( Patient safety) , KKPRS- Depkes, edisi 2, 2008
  33. Patologi untuk mahasiswa keperawatan, Sayuti Tamher Heryati, Trans Info Media, 2008
  34. Pedoman manajemen informasi kesehatan di sarana pelayanan kesehatan,Gemala R hata, UI Press, 2008
  35. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien ( Patient Safety Incident Report ) edisi 2, Depkes- KKPRS, 2008
  36. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia”, PN Balai Pustaka, 2005
  37. Penuntun laboratorium klinik, R. Gandasoebrata, Dian Rakyat, 2005
  38. Standar Pelayanan Minimal Rumah sakit , Depkes, 2007
  39. Statistik kesehatan, Luknis Sabri, Raja Grafindo Persada, 2007
  40. Teknik Sampling: teori dan praktik dengan menggunakan SPSS15, Umi Narimawati, Gava Media., 2008
  41. The Art Of Smart Communicating, Bert Decker, Image Press, 2008
  42. The Language OF Medicine, Davi – Ellen Chabner, W.B Saunders, 2007

  E-Journal

  1. Adjuvants in H1N1 vaccine provoke row in Germany. Ned Stafford. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  2. Advanced dementia is a terminal illness. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  3. Analysis of continuous data from small samples. J Martin Bland, Douglas G Altman. British Medical. Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  4. Authorities must plan for a surge in critical illness caused by swine flu. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  5. Drug Ingestions in Children 10-14 Years Old: An Old Problem Revisited. Wendy Pomerantz, Michael Gittelman, Sarah Farris, Lauren Frey. Suicide Life – Threatening Behavior. New York: Aug 2009.
  6. Induction of labour versus expectant monitoring for gestational hypertension or mild pre-eclampsia after 36 weeks’ gestation (HYPITAT): a multicentre, open-label randomised controlled trial Corine M Koopmans, Denise Bijlenga, Henk Groen, Sylvia M C Vijgen, et al. The Lancet. London: Sep 19-Sep 25, 2009.
  7. Paracetamol weakens children’s responses to vaccinations. Alison Tonks. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  8. Public health messages that invoke disgust are most effective for men. Zosia Kmietowicz. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  9. Reliability of patient responses in pay for performance schemes: analysis of national General Practitioner Patient Survey data in England. Martin Roland, Marc Elliott, Georgios Lyratzopoulos, Josephine Barbiere, et al. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  10. Should we screen low risk patients for meticillin resistant Staphylococcus aureus?. Michael Millar. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.
  11. Smoking bans cut deaths among passive smokers, report says. Bob Roehr. British Medical Journal (International edition). London: Oct 24, 2009.

  Makalah Nasional

  1. Development of (ICT)”Fatma Rossa, UIEU. 2009
  2. Format Rekam Kesehatan,di RSIJ Pondok Kopi pada Problem Oriented Medical Rekord,Martina Saputra,UIEU. 2009
  3. Grafik Barber Johnson,Jumilah. UIEU. 2009
  4. Manajemen Unit Rekam Medis dan Studi Kemasalahan di RS Husada Jakarta ,Ashoka Army Dkk.UIEU. 2009
  5. Observasi Problem Orented Medikal Rekord,di RSUPN,Mangun Kusumo,Nuryana Handayani Dkk, UIEU.
  6. Pengornanisasian, Personalia Unit Rekam Medis ,Aspek Hukum Rekam Medis,Statistik dan Sistem Pelaporan pada Pelayanan Kesehatan Serta Sistem Pembayaran,Jasa Pelayanan Kesehatan ,di RS Prikasih, Indri Wahyunim Dkk.UIEU. 2009
  7. Quality Management System(ISO 9001 Versi 2000,Ermila Kusnia. UIEU. 2009
  8. Rekam Medis dan SIMRS,Setyawati. UIEU. 2009
  9. Sejarah Perkembangan Alur ,Prosedur,Pelayaan Rekam Medis ,dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam Medis, di RS.Patria IKKT,Ferlina Mauren Dkk,UIEU. 2009
  10. Sejarah Perkembangan Alur Prosedur Pelayanan Rekam Medis Dasar Serta Sistem Pengelolaan Rekam Medis dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam medis di RS .Satya Negara Jakarta Utara.M Deny Alphaphonda Dkk.UIEU. 2009
  11. Sistem Case –Mix, Neni Herliani. UIEU. 2009
  12. Sistem Pengelolaan Rekam medis dan Prosedur Pelayanan Terkait dengan Rekam Medis di RS Permata Hijau,Citrawati Dkk. 2009

Dosen Pengajar

  1. Dr. Rokiah Kusumapradja, SKM, MHA
  2. Dr. Aprilita Rina Yanti Eff, M.Biomed, Apt
  3. Dr. Hosizah, SKM, MKM
  4. Laela Indawati, S.St.MIK., MKM
  5. Deasy Rosmala Dewi, SKM, M.Kes
  6. Lily Widjaja, SKM, MM
  7. Siswati, SKM, MKM
  8. Wiwik Viatiningsih, SKM, MARS
  9. Nanda Aula Rumana, SKM, MKM
  10. dr. Noor Yulia, MM
  11. Daniel Happy Putra, SKM, MKM
  12. Puteri Fannya, SKM, M.Kes
Silahkan Bertanya
ANDA JUGA BISA BERTANYA DI SINI

Nama Lengkap *
No HP *
Email *
Domisili *
Pertanyaan

PERMINTAAN BROSUR

Nama Lengkap *
Email *
No HP Anda *
Alamat Lengkap *

PENDAFTARAN ONLINE

HUBUNGI KAMI

FOLLOW INSTAGRAM

DOWNLOAD BROSUR