S1 Humas – Terakreditasi B Nasional (BAN-PT) dan Terakreditasi Internasional (ASIC)
MASA STUDI:
Waktu kuliah dapat dipilih oleh mahasiswa sebagai berikut:
E-Learning adalah proses belajar mengajar melalui Multi Acces Learning (MAL) dimana Bahan Ajar, Diskusi, Tugas dan Quiz diakses di internet 24 jam sehari, ditambah kuliah tatap muka 3 kali dan ujian 2 kali di kelas dalam satu semester.
PILIHAN KAMPUS
Mahasiswa Kelas Karyawan dapat memilih kampus sebagai berikut:
- KAMPUS JAKARTA: Jalan Arjuna Utara No.9, Kebon Jeruk, Jakarta
- KAMPUS TANGERANG: Jalan Citra Raya Boulevard, Citra Raya, Tangerang
- KAMPUS BEKASI: Jalan Harapan Indah Boulevard, Kota Harapan Indah, Bekasi
BIAYA KULIAH DAN PENDAFTARAN
Untuk informasi Biaya KUliah dan Pendaftaran KLIK DISINI
DOWNLOAD KURIKULUM KLIK LINK BERIKUT
Kurikulum Humas
https://siakad.esaunggul.ac.id/siakad/siakad/index.php?page=list_kurikulum_ueu&unit=52
Hubungan Masyarakat (public relation) adalah seni menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu/organisasi. Public relation (humas) bertanggung jawab untuk memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi. PR adalah ahli komunikasi yang dapat membawa perusahaan/industri/organisasi/tokoh menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan. Secara Internal perusahaan menjadi pusat informasi perusahaan/industri/organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman. Sedangkan secara eksternal menjadi manager komunikasi dari pimpinan/perusahaan dalam menghadapi pers dan masyarakat. Seorang PR diharapkan untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Kompetisi Lulusan
Lulusan Program Studi Hubungan Masyarakat (Public Relations) Universitas Esa Unggul dibekali dengan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik terhadap suatu individu atau organisasi; memberikan informasi, mendidik, meyakinkan, meraih simpati, dan membangkitkan ketertarikan masyarakat akan sesuatu atau membuat masyarakat mengerti dan menerima sebuah situasi; membawa individu ataupun organisasi menjadi populer, berkembang pesat, solid, dan mendapat dukungan; secara internal organisasi menjadi pusat informasi organisasi sehingga mampu mendinamisasi, motivator dan menciptakan iklim organisasi yang kondusif sesuai dengan tuntutan zaman; secara eksternal organisasi menjadi manager komunikasi dalam menghadapi pers dan masyarakat; dan membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama antara organisasi dan masyarakatnya.
Menyusun perencanaan dan melakukan analisis atas problema komunikasi kehumasan yang berorientasi kepada customer relation management. Menjadi tenaga profesional yang handal di bidang pemasaran dan kehumasan dalam komunikasi publik media massa dan multimedia.
Visi
Pada tahun 2023, mampu menjadi fakultas yang unggul di bidang ilmu komunikasi, mampu membangun jiwa kemandirian, berbasis teknologi informasi serta diperhitungkan di lingkungan Asia Tenggara.
Misi
Tujuan
Program Studi Humas Universitas Esa Unggul menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yaitu :
Memiliki kualifikasi sebagai praktisi profesional di bidang periklanan yang berwawasan pragmatis, berjiwa wirausaha, bersikap inovatif, kreatif, produktif dan memiliki kemampuan analitis. Memiliki kemampuan komunikasi pemasaran, dan mampu membuat strategi periklanan yang efektif di media publikasi Memiliki kreativitas dan kemampuan membuat desain periklanan local, national, international, institutional, brand, classified, sales, consumer advertising yang informatif, persuasif dan efektif
Proses Pembelajaran
Sarjana Hubungan Masyarakat dapat bekerja dan berkarir di berbagai instansi pemerintah maupun swasta (BUMN, hotel, rumah sakit, pemerintah daerah, partai politik, travel, dan lain-lain) sebagai manajer humas profesional (public relation officer); pembawa acara atau presenter; protokoler kenegaraan atau swasta; event organizer (business, entertainment, social marketing); publishing (coordinator, copywriter, graphic artist, designer); corporate secretary (juru bicara, konseptor dan penasehat bagi CEO); promotion coordinator (komersial, sosial); public relation consultant; community development; koordinator hubungan dengan pers; koordinator kampanye bisnis dan politik.
Prospek Profesi Lulusan lainnya :
Esa Unggul Career Center :
Kerjasama
Memiliki jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Tridarma Perguruan Tinggi), serta praktek kerja dan magang mahasiswa, dengan beberapa perguruan tinggi / industri, baik di dalam dan di luar negeri, antara lain:
Fasilitas
Untuk menunjang proses pembelajaran dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi, telah tersedia beberapa fasilitas studio dan laboratorium seperti:
Studio Radio
Studio Televisi
Studio Fotografi
Laboratorium Mac
Perpustakaan
DOWNLOAD KURIKULUM KLIK LINK BERIKUT
Kurikulum Humas
Dosen Pengajar :